Wakil Presiden RI Bapak Jusuf Kalla menyerahkan piala Adipura periode 2017 – 2018 kepada 146 penerima penghargaan yang terdiri dari 1 (satu) Adipura Kencana, 119 Adipura, 10 Sertifikat Adipura, dan 5 (lima) Plakat Adipura, serta Penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah kepada 11 (sebelas) Kabupaten/Kota di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin (14/01/2019).

Program ADIPURA merupakan program nasional dan dilaksanakan setiap tahun, untuk mendorong kepemimpinan Pemerintah Kabupaten/Kota dan membangun partisipasi aktif masyarakat dan dunia usaha, dalam mewujudkan sustainable city (kota berkelanjutan), yang menyelaraskan fungsi pertumbuhan ekonomi, fungsi sosial, dan fungsi ekologis dalam proses pembangunannya dengan menerapkan prinsip tata kepemerintahan yang baik (good governance).

Pemerintah Kota Tebing Tinggi merupakan salah satu peraih Piala Adipura 2018 untuk kategori Kota Sedang, dan ini adalah Piala Adipura ke-4 yang diperoleh Kota Tebing Tinggi secara berturut-turut yakni ( 2015, 2016, 2017, 2018) dibawah kepemimpinan Bapak Walikota Tebing Tinggi, Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM dan Wakil Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Oki Doni Siregar.

Kedatangan Piala Adipura 2018 Kota Tebing Tinggi, Selasa (15/01/2019) disambut dengan antusias oleh masyarakat Kota Tebing Tinggi, terlihat dari banyaknya masyarakat yang telah menunggu dari pagi disepanjang jalan yang akan dilalui rombongan Bapak Walikota bersama tim dari Jakarta yang membawa Piala Adipura tersebut. Selanjutnya diarak keliling ke-5 Kecamatan yang ada di Kota Tebing Tinggi untuk diperlihatkan kepada warga, dan berakhir di Lapangan Merdeka Kota Tebing Tinggi yang telah ditunggu unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama masyarakat, pelajar, mahasiswa, pemuda, petugas kebersihan, jajaran Pemerintah Kota Tebing Tinggi.

Dalam sambutannya Walikota Tebing Tinggi menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah turut andil dan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Tebing Tinggi didalam memperoleh Piala Adipura ke-4, dan mengajak masyarakat Kota Tebing Tinggi untuk menjadikan kebersihan itu sebagai budaya. Dan kedepannya akan menggalakkan program pengurangan penggunaan kantong plastik dan beralih ke penggunaan tas dari bahan pandan maupun kain.

Lebih lanjut Walikota mengingatkan bahwa apa yang telah diperoleh Kota Tebing Tinggi saat ini harus bisa dipertahankan dan lebih ditingkatkan demi kemajuan dan kebersihan Kota Tebing Tinggi yang dimulai dari kebersihan tempat tinggal, kebersihan lingkungan sekitar dan kebersihan kota serta kebersihan lahir dan batin, ini bisa diraih kalau semua pihak saling bekerjasama dan sama-sama bekerja.

“Kota yang bersih akan menjadi kota yang sehat, kota yang sehat akan menjadi kota yang cerdas, kota yang cerdas akan menjadikan warganya makmur dan sejahtera sesuai amanat pembukaan UUD 1945” ujar beliau.